Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Warga Kelurahan Patemon VIII Adakan Acara Pengajian Umum dan Pemberian Santunan Anak Yatim

Jumat, 05 Juli 2024 | 11:28:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-05T16:31:55Z



Surabaya, harianmataberita.com - Pengajian umum dan santunan anak yatim piatu dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1446 H. Warga Jl. Petemon 1 Kel. Petemon Kec. Sawahan Kota Surabaya Jum'at, (5 Juli 2024 ) Malam ini.


Acara ini dikemas dengan pembukaan basmalah, bacaan lantunan ayat suci Al Qur'an. sambutan oleh ketua panitia yakni Ustad Mahfud mengucapkan terima kasih banyak atas terselenggaranya acara ini dengan lancar dan support warga Petemon RW VIII dengan pemberian sumbangan berupa materi dan tenaga, Semoga amal shodaqohnya diganti berlipat ganda oleh Allah SWT.


Sebelum acara ceramah agama dimulai, acara diisi dengan hadrah At Azykar dengan lantunan sholawat Jibril yang sangat merdu untuk mengisi waktu sambil menunggu ulama tersohor yakni Dr. KH. Marzuki Mustamar,. M. Ag.
Pendiri Pondok Pesantren Sabilurrosyad
dari Malang Jawa Timur.


Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Camat Sawahan dengan singkat mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara semacam ini. Kemudian Cawat Sawahan memberikan hadiah berupa amplop kepada yang bisa menjawab pertanyaannya.


Pertanyaan awal yang disampaikan kepada para undangan yang laki kali terlebih dahulu.


Siapa laki yang dilakukan selama hidupnya hanya sekali ? Terus ada yang bisa menjawab seorang bapak langsung baik ke atas panggung dan menjawabnya Sunat. Alhamdulillah yang menjawab dapat hadiah amplop berwarna putih.


pertanyaan yang kedua yang boleh menjawab untuk ibu ibu, Siapa Wanita masuk Islam pertama? Salah satu ibu ibu juga menaiki panggung menjawab Siti Khotijah dan mendapatkan amplop juga.


Untuk yang ketiga pertanyaan diperuntukan kepada anak anak. Walhasil anak itu juga benar menjawabnya dan diberikan amplop juga.



Setelah acara penyampaian Camat Sawahan selesai itu. langsung dilanjutkan oleh ceramah agama oleh KH. Marzuki Mustamar.


Dalam ceramah agamanya mendoakan kepada semua tamu yang hadir sehat, panjang umur dan selamat dunia akhirat.


Dalam isi ceramahnya itu hanya beberapa saja, yakni mulai tentang Tahlilan dan isi bacaan Tahlil dan Yasin itu juga sanadnya dan hadis shohih.


Ketika ada orang yang wafat bahwa sedekah makan mulai dari awal sampai tujuh harinya itu hadiah pahalanya dikirimkan kepada orang yg sudah wafat, karna mayyit tersebut masih dalam pertanyaan oleh malaikat Mungkar Nakir sehingga sedekah makanan itu bisa meringankan si mayyit," Ujar salah seorang tokoh ulama dari Malang.


Dan dilanjutkan saat sholat jangan lupa pakai Iftitah dan baca Basmalah dan juga pakai qunut subuh. Bahwa qunut ada dalilnya shohih sambil membawa kitabnya ditunjukan kepada para semua undangan yang hadir. Dan juga Tahiyat akhir tetap pakai telunjuk mengarah ke kiblat. Dan orang NU harus pakai wirid setelahnya sholat.


Alhamdulillah KH. Marzuki sekalian penutup doa'nya dalam acara Pengajian dan Santunanan anak yatim.


Setelahnya itu pembagian santunan anak yatim piatu laki dan perempuan berjumlah belasan yang diberikan oleh Ibu ibu muslimah warga Petemon.


Hadir dalam acara ini Camat Sawahan, Lurah Petemon dan serta jajaran. RW. Petemon 08, Ibu PKK dan Banser Sawahan, Keamanan Kampung Petemon Dan segenap keluarga besar Masjid Baiturrahim Petemon kali dan para beberapa RT. "Tutup.


Fiq /Zi

×
Berita Terbaru Update