Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pemdes Arosbaya Mengalokasikan Dana Desa Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar

Minggu, 04 September 2022 | 12:30:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-04T05:51:15Z


Bangkalan//Harian Mata Berita-Pemerintah Desa (Pemdes) terus berupaya memaksimalkan manfaat Dana Desa dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengembangkan wisata menggunakan Dana Desa juga memiliki banyak manfaat karena selain menjadi sumber penghasilan desa, juga mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut dilakukan oleh Desa Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan untuk membangun tempat wisata desa bernama Wisata Tengah Sawah (WTS), pemdes setempat mengalokasikan anggarannya dari Dana Desa.

Suhardi, S.T Kepala Desa Arosbaya mengungkapkan bahwa di Desa Arosbaya mempunya lahan mati yang tidak bisa dipakai sama sekali. Akhirnya, dirinya mempunyai gagasan sisa anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 dianggarkan buat JUT (Jalan Usaha Tani).


"Sisa anggaran DD tahun 2021 kami alokasikan buat JUT mas, karena di Desa Arosbaya banyak lahan mati. Kemudian, untuk memperpanjang jalan tersebut kami menggunakan anggaran DD tahun 2022," ujar Suhardi saat ditemui di rumahnya, Sabtu (03/09/2022) sore.

Selanjutnya, Suhardi menjelaskan, jika jalan itu (JUT) sudah selesai. Kedepannya Pemdes Arosbaya akan membuat taman rekreasi atau tempat wisata karena di di desa setempat hanya mempunyai lahan mati yang berfungsi sebagai serapan banjir.

"Luas lahan mati ini kurang lebihnya 10 hektar. Lebar JUT ini 3 meter dan panjangnya 1 km. Sebenarnya konsep utama kami adalah pariwisata yakni Wisata Tengah Sawah dan sebelumnya saya sudah rembukan ( musyawarah) dengan BPD, Perangkat Desa serta tokoh masyarakat sekitar pada saat Musrembang," tutut Suhardi menjelaskan.

Selain itu Kades Arosbaya menegaskan kalau Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) desanya belum terbentuk. Ia juga menambahkan selain tempat wisata akan dibangun tempat lapangan bola, tempat kuliner dan taman rekreasi.

"Kalau Pokdarwis belum terbentuk, tapi BUMDes nya sudah terbentuk. Kami selain membuat Wisata Tengah Sawah di sini akan dibangun lapangan bola (futsal, red), kuliner, taman rekreasi dan lain-lainnya. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," imbuh Hardi sapaan karibnya pada media ini.

Dengan adanya (wisata Tengah Sawah) masyarakat Arosbaya sangat mendukung serta sangat senang,
Semoga dengan adanya Wisata ini warga bisa merasakan dampaknya,
Dari segi perekonomian Desa.

Hardi berharap dapat perhatian dan bantuan dari pemerintah setempat agar pembangunan tempat wisata tersebut bisa cepat terealisasi. Sehingga, di desanya mempunyai PADes (Pendapatan Asli Desa) sendiri.

"Agar wisata (Wisata Tengah Sawah) ini cepat terealisasi atau cepat terlaksana, kami mohon perhatian dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Mudah-mudahan kedepannya, saya bisa melanjutkan pembangunan ini supaya Desa Arosbaya punya PADes sendiri," pungkasnya.

Suhardi juga menyampaikan semoga dengan adanya Wisata ini bisa memberikan contoh kepada Kepala Desa Arosbaya juga se-Kabupaten Bangkalan,' kata Kepala Desa


Penulis Taqim
Editor Redaksi ds,ij
×
Berita Terbaru Update